Catatan Pena

Prof. Imam Suprayogo: Bersemai Bersama Karya

Malang, Gontornews — Sosok Prof Dr Imam Suprayogo memang tak asing di dunia akamdemisi, terutama di perguruan tinggi Islam. Pria kelahiran Trenggalek, 2 Januari 1951, ini pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang pada tahun 1997 hingga 2013. Suprayogo juga menjadi Guru Besar Fakultas Tarbiyah di kampus di Jawa Timur tersebut.

 

Di luar itu, figur yang sederhana dengan penampilan apa adanya ini memiliki prestasi menonjol di bidang kepenulisan. Ia mendapat penghargaan MURI tahun 2009 kategori Rektor yang menulis artikel di website terlama, selama tiga tahun tanpa jeda.

 

Sebelumnya, pria yang menempuh pendidikan umum di SDN Trenggalek (1964), SMPN Trenggalek (1967) dan SMAN Trenggalek (1970), ini juga pernah menjadi Pembantu Rektor I Universitas Muhammadiyah Malang (1983 – 1996), Wakil Direktur Pascasarjana UMM (1996) dan menjadi Ketua Majelis Madrasah Terpadu Kota Malang.

 

Kepada Gontornews.com, Suprayogo menuturkan, kebiasaan menulis ini sudah berlangsung cukup lama. Waktu menjabat Rektor UIN Maliki Malang, ia menuangkan gagasannya melalui tulisan di website tentang pendidikan Islam, dunia pesantren, kepemimpinan, politik, seni dan budaya, membangun masyarakat, motivasi, inspirasi, dan berbagai pengalaman di tengah masyarakat.

 

“Saya juga pernah menulis tentang Gontor,” papar pria yang ditunjuk menjadi kurator UNIDA Gontor tersebut.

 

Kebiasaan menulis itu pun berlanjut sampai sekarang, karena rekor MURI bukanlah tujuan utama kegiatan menulisnya. Tercatat sampai tanggal 17 Agustus 2016, karya tulis suami Hj Sumarti ini sudah mencapai 2.995 judul.

 

Dan salah satu kebiasaan yang paling kerap dilakukan Imam Suprayogo adalah menulis setelah shalat Shubuh. Ia pun memulai dari target yang kecil. Menulis selama 1 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun hingga sampai 10 tahun. Dan semoga selamanya hingga akhir hayat.

 

Kebiasaan ini pun makin melengkapi rekor MURI yang sebelumnya. Pada tahun 2006 ia pernah meraih rekor MURI sebagai pemimpin pendidikan yang sangat cemerlang dalam memimpin UIN Maliki Malang. [Ahmad Muhajir/Rus]

 

– Repost dari Gontornews

Junior Researcher at Center for Islamic and Occidental Studies (CIOS) University of Darussalam Gontor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *